Offroad Di Black Lava – Gunung Batur

Posted on

Pernah denger kata offroad gak? Pasti sering yak? tapi tau gak artinya? Anggap aja gak tau dah ya, biar saya bisa nulis artinya 😜

Jadi, secara harfiah pengertian Off-road adalah; mengendarai kendaraan di luar jalan raya, entah itu jalan tanah, lumpur, pasir, sungai, atau bebatuan. Dengan kata lain melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor di luar jalanan beraspal.

Beberapa orang pasti heboh kalau bertemu dengan jalanan rusak, ada yg be-te sambil cemberut, ada yg sibuk selfie2 abis itu ngeshare kemana2 sibuk maki2 yg bikin jalan, ada yang sibuk mencaci maki jalanan yg dengen polosnya tergeletak dibawah kaki pengendara yg sibuk maki – maki dia… kasihan ya jalanannya.. #eh

Berbeda dengan para offroader, mereka malah mencari jalan dengan medan yang tidak biasa. Dikarenakan offroad lebih banyak bersentuhan dengan alam, maka tidak heran jika para pecinta offroad juga kebanyakan adalah para pecinta alam.

Nah, buat para offroader dimanapun kalian berada… Cobain nih salah satu tempat offroad keren dan lumayan asyik buat dipake offroad, yup! It is Black lava. Black lava ini adalah julukan untuk pasir hitam yang ada di punggung gunung Batur. Tempat ini juga biasa dijadikan tempat memacu adrenalin dan kemampuan para offroader untuk menguji ilmu mereka.

Di Black lava ini terdapat banyak material yang berasal dari erupsinya gunung batur di masa lampau, dan kebanyakan materialnya terdiri dari Pasir hitam dan material lava yang sudah dingin dan mengeras yang tersembur keluar pada saat gunung batur erupsi di masa lampau. Pasir dan batuan keras seperti karang berwarna hitam dan berlubang – lubang permukaannya ini menjadi tantangan tersendiri untuk ditaklukan oleh para offroader.

Banyak offroader datang dari segala tempat hanya untuk menjajal tumpukan pasir hitam ini. Namun hanya beberapa dari mereka yang bisa sampai ke pucak. Kebanyakan dari mereka yang tumbang sebelum puncak dikarenakan medan yang cukup sulit. Pasir berbatu yang gembur, seperti menyedot setiap motor yang lewat. Untuk bisa mencapai puncak, motor harus memiliki minimal 250 CC selain itu offroader juga harus memiliki skill mendaki yang cukup.

Black lava ini walaupun berada di ketinggian namun saat siang hari di musim kemarau, tetap saja matahari terik menyengat, karena itu pastikan untuk menggunakan sunblock pada bagian yang terbuka. Karena medannya yang cukup menantang untuk dilalui kendaraan biasa, jadi disekitar sana tidak ada pedagang makanan ataupun minuman. Pastikan anda makan dan minum yang cukup sebelum beraktifitas. Jangan lupa membawa bekal minum sendiri di dalam tas yaa… jangan sampai kita para offroader meninggalkan jejak berupa botol bekas air mineral disana, ingat orang keren tuh gak buang sampah sembarangan!

Tuh asyik kan tempatnya… yok guys!! Kita gas bareng ke Black lava – Batur, Kintamani!!

Masih suka kebut – kebutan di jalan raya? Gaya – gayaan berkendara gak pake helm? Gak pake jaket? Gak bawa STNK? Ah,,, kamu mah kuno!! Sini – sini aku ajak kalian kebut – kebutan di black lava klo berani 😛

Tentang penulis, YonaSP seorang istri dan ibu dari dua orang anak - anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan