Rafting di sungai Ayung

Posted on

Sungai Ayung telah menjadi icon Bali jauh sebelum aktifitas rafting dikenal di Bali karena panjangnya. Sebagai sungai terpanjang di Bali mencapai 68 km, sungai Ayung terbentang melewati 4 Kabupaten dan Kota; Bangli, Gianyar, Badung dan Denpasar.

Aktifitas arung jeram atau yang lebih dikenal dengan nama rafting di sungai Ayung menjadi pilihan bagi mereka yang baru mencoba aktifitas ini. Tingkat kesulitan yang berkisar di level 2 sampai 3 dari 5 level disaat musim kemarau ini menyebabkan sungai Ayung aman untuk diarungi oleh pemula namun tetap memberikan tantangan yang mengasikkan.

Struktur jeramnya pun cukup unik dimana setiap satu jeram pendek akan diikuti oleh aliran sungai yang tenang sehingga pelaku rafting dapat beristirahat dan menikmati suasa alam yang indah. Selain itu, sungai Ayung juga menawarkan cerita ramayana dalam bentuk pahatan didinding sungai sepanjang kurang lebih 1 km dan sebuah air terjun yang indah.

Sebagai sungai musiman, sungai Ayung menjadi berbahaya di saat musim hujan dimana levelnya naik menjadi 3 sampai 4. Banyak pelaku rafting di sungai Ayung yang kurang memperhatikan hal ini sehingga tidak jarang terjadi korban meninggal di sungai ini.

Ingatlah bahwa alam tidak akan bisa dikalahkan, satu-satunya jalan agar selamat adalah memahami siklusnya dan menghindari beraktifitas disaat dirasa membahayakan.

Ada banyak operator rafting di sungai Ayung yang bisa dihubungi jika ingin melakukan arung jeram dengan total pengarungan rata-rata 2 jam. Mereka telah beroperasi cukup lama dan paham betul kondisi dan karakteristik sungai Ayung.

Beberapa yang terkenal diantarnya; Sobek Rafting dan Bali Adventure Rafting dengan akses dari Ubud, Mega Rafting dan Bahama rafting dengan akses dari Petang – Badung, 5 km dari Sangeh monkey forest alias hutan monyet.

[photo dikumpulkan dari berbagai sumber di internet]

Tentang penulis, Angga

seorang multitalent dalam pembuatan website. Ia memulai karir digitalnya menggunakan PHP dan ahli dalam HTML, CSS, JavaScript dan MySQL. Dia berasal dari latar belakang agensi yang kuat dan suka menghabiskan waktu luang bersepeda dan menulis.