Penglipuran Village Festival 2017

Salah satu Desa terbersih di Dunia sedang menyelenggarakan Festival. Yups! Penglipuran Village Festival Tahun 2017. Festival ini sudah berlangsung untuk yang kelima kalinya. Berbagai kegiatan lomba untuk anak, stand kuliner, dan kerajinan khas daerah setempat dipamerkan pada Festival ini.

Festival ini berlangsung dari tanggal 19 – 30 Desember 2017. Tema Festival kali ini adalah, “melalui Penglipuran Village Festival bernuansa Bali tempo dulu, kita lestarikan budaya dan lingkungan berdasarkan Tri Hita Karana”.

Selama festival berlangsung, setiap harinya ada pameran berbagai stan kerajinan asli Bangli serta produk pertanian dan kuliner. Akan ada aneka lomba yang pesertanya dari TK hingga umum dan tidak hanya dari Bangli. Beberapa lomba tersebut adalah: lomba story telling, peragaan busana Bali tempo dulu dan parade barong ngelawang. Selain itu, ada juga lomba fotografi, karaoke lagu pop Bali, lomba tari teruna jaya, tari margapati, tari baris tunggal, tari jauk manis, tari condong, dan lomba guiding kontes.

Dalam sambutannya, Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Putu Ngurah, menjelaskan bahwa pengembangan desa adat di berbagai daerah di Indonesia dapat belajar dari Penglipuran di Bali. Bagaimana adat dapat selaras dengan perkembangan zaman tanpa merusak keduanya sehingga akan diminati wisatawan.

Tidak bisa dipungkiri, kondisi Gunung Agung memang sedang dalam kondisi Awas, namun status awas itu hanya ada di seputar 8-10 km. Hanya dua persen dari wilayah Bali. Sudah lihat video Bapak Presiden kita yang jalan – jalan di Bali bukan? Yups!! Bali masih aman lho yaa… Jadi jangan takut untuk yang sudah pesan tiket dan punya rencana tahun baruan di Bali, datang saja, karena Bali aman.

Desa yang bersih, jauh dari hikuk pikuk perkotaan, dengan udara yang sejuk karena berada di ketinggian, ditambah dengan ramahnya penduduk desa… plus, ada village festival pulak disana hmmm… sungguh destinasi yang sangat menggiurkan untuk disinggahi bersama keluarga bukan??

[sumber : jpnn.com]