5 makanan yang sebaiknya dihindari saat traveling

Sering kali pelaku traveling hanya memokuskan pada aktifitas dan kurang memperhatikan perbekalan makanan, begitu pula para pelaku wisata kuliner, karena fokus mereka adalah mencari makanan di tempat wisata.

Memperhatikan sarapan pagi sangatlah penting terutamsa saat jauh dari rumah dan keluarga, karena 5 makanan dan minuman ini tidak baik disantap saat perut masih kosong. Tentu kita tau, menjaga kesehatan dan kebugaran sangat penting tidak saja saat melakukan traveling atau wisata, tapi juga untuk kegiatan sehari-hari.

Apa sata 5 makanan dan minumana itu?

Teh dan kopi
Kopi dapat meningkatkan keasaman lambung, terutama bila dikonsumsi saat perut kosong. Gejala yang sering dirasakan adalah mulas pingin BAB. Pada kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan mual dan gangguan pencernaan sepanjang hari. Begitu pula dengan teh, teh berpotensi memicu rangsangan sekresi dilambung bila di minum saat perut kosong.

Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan badan hangat karena ketika berada di aliran darah, alkohol menyebabkan pembuluh darah melebar. Mengkonsumsi alkohol saat perut kosong dapat menyebabkan penyarapan alkohol oleh darah lebih cepat melalui lambung, ginjal, paru-paru, hati, hingga otak. Namun beda bila ada makanan dalam perut yang menghambat penyerapannya sehingga dapat meminimalkan kerisakan organ tubuh.

Obat antiinflamasi
Obat serbaguna yang selalu menjadi andalan ini seperti; aspirin, parasetamol, dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya tidak aman dikonsumsi pada saat perut kosong karena dapat menyebabkan iritasi hingga pendarahan lambung.

Jeruk
Buah yang satu ini sudah terkenal dengan sifat asamnya. Pada saat perut kosong, asam lambung akan meningkat, bila ditambahkan asam dari jeruk, bisa dibayangkan akibatnya. Cairan lambung akan semakin asam dan dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

Tomat
Tomat yang dikenal sehat ternyata juga wajib diwaspadai bagi penderita maag karena mengandung asam tanin yang tinggi. Mengkonsumsi tomat saat perut kosong bagi yang tidak menderita maag tentulah aman aman saja.

Itulah 5 makanan dan miniman yang wajib diwaspadai saat perut kosong terutama bagi para tarveling dan pelaku wisata karena belum tentu semua tempat menginap penyediakan sarapan yang sehat.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebugaran dan kesehatan dengan gaya hidup sehat agar kegiatan traveling dan wisata tidak terputus ditengah jalan.

[photo illustrasi dari: https://dribbble.com/shots/136507-Coffee-and-lemon]