Air Terjun Tegenungan

Posted on

Kepingin jalan – jalan ke air terjun tapi sambil bawa anak balita, udah gitu gak mau terlalu capek naik turun tangga yang tinggi dan curam banget, terus juga abis mainan di air terjun pengennya langsung mandiin anak – anak, gantiin baju bersih, terus.. terus.. pas anak – anak udah rapi tinggal duduk – duduk sambil minum air kelapa muda langsung dari bongkolnya sambil selfie – selfie. Eh tapi – tapi pengennya lokasi air terjunnya kalo bisa jangan jauh – jauh dari art shop, biar efektif gituh.. sambil jalan – jalan, sambil shopping, sambil refreshing. BISA!!

Air terjun Tegenungan - view atas - sumber internet
Air terjun Tegenungan – view atas – sumber internet

Iyaaa…. bisa banget deh, ada lho lokasi air terjun dengan kondisi seperti yang saya sebutin diatas ☝ namanya “Air Terjun Tegenungan”. Beneran banget, tangga menuju air terjun tidak terlalu banyak (walaupun agak sedikit capek naiknya, tapi percayalah… itu bukan karena banyaknya anak tangga, tapi pengaruh capek main air dibawah!)

Air terjun Tegenungan - aktivitas - sumber internet
Air terjun Tegenungan – aktivitas – sumber internet

Lokasi Air Terjun Tegenungan ini strategis banget karena ada pada jalur wisata Sukawati – Ubud. Tepatnya di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 16 Km saja dari pusat Kota Denpasar. Kalau menggunakan mobil menghabiskan waktu sekitar 30 – 45 menit untuk sampai ketempat ini.

Air terjun Tegenungan - sumber internet
Air terjun Tegenungan – sumber internet

Tempat parkir luas, cukup untuk parkir mini bus, mobil pribadi & kendaraan roda dua. Dari tempat penjualan tiket menuju anak tangga kamu bisa temukan banyak art shop yang menjual kerajinan khas Bali berjejer kiri kanan berselingan dengan penjual camilan & minuman dingin. Sampai di dekat anak tangga paling atas ada bale bengong yang biasa dipakai wisatawan untuk sekedar beristirahat sejenak setelah menaiki anak tangga yang lumayan banyak. Dari atas sini juga kamu sudah bisa melihat penampakan Air Terjun Tegenungan dari jarak jauh. Banyak orang yang melakukan selfie dengan latarbelakang air terjun dari atas sini.

Air terjun Tegenungan - pasare seni
Air terjun Tegenungan – pasare seni

Untuk mencapai air terjun yang tingginya kurang lebih 15 meter itu kita harus menuruni puluhan anak tangga start dari bale bengong tersebut, sampai dibawah kita juga harus menyusuri tepian Tukad (sungai) Petanu untuk melihat air terjun lebih dekat. Air terjun ini memiliki air yang jernih apabila sedang tidak musim hujan, karena pada saat musim penghujan airnya akan menjadi keruh.

Walaupun ada beberapa penduduk lokal ataupun wisatawan yang melompat dari atas air terjun, namun kami sarankan agar kamu tidak melakukannya, karena selain sangat berbahaya, juga karena tidak adanya petugas lifeguard disini. Disini anda bisa puas bermain air di pinggiran sungai dekat air terjun, berfoto – foto selfie dengan latar air terjun.

Air terjun Tegenungan - plang
Air terjun Tegenungan – plang

Setelah puas bermain di air terjun, kamu bisa mandi – mandi cantik dulu di pancuran air di dekat air terjun, air pancuran ini berasal dari mata air alami disana, jadi airnya sangat jernih dan sejuk. Penduduk lokal sering mengambil air untuk konsumsi sehari – hari di pancuran ini, terutama pada pagi dan sore hari.

Air terjun ini buka dari jam 9 pagi, dan tiket masuk sebesar 5K/orang untuk anak – anak dan 10K/orang untuk dewasa. Murah, tapi tidak murahan dan banyak yang bisa kamu lakukan disana! Jadi tunggu apalagi, ayo rencanakan weekend berikutnya untuk jalan – jalan kesini.

Tentang penulis, YonaSP

seorang istri dan ibu dari dua orang anak – anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan