Desa Wisata Kertalangu

Posted on

Anda adalah keluarga beranak dua? tiap sabtu minggu bingung ngajak anak – anak main kemana? jalan – jalan ke mall cuman buang2 duit aje, berenang di pantai atau main ke lapangan? udah bosen! apalagi berenang di hotel, cuman gitu2 doang,,, pemandangan kurang asyik! Main ke Bedugul? weekend pasti macet, dijalan cuman ngabisin bensin doangan, mau ke festival? musimnya udah lewat! mau naek gunung? eh lg musim hujan,,, hadeuuhhh…. ribet bingits yak jadi gue?!! xixixixi… 😀 untung ada Desa Wisata Kertalangu! Ada apa aja disana? yok baca terus kebawah yak.

Meskipun namanya Desa Wisata Kertalangu, namun tempat ini tidak seperti Desa pada umumnya lho ya, tempatnya masih berada di Denpasar, yang merupakan Ibukota Propinsi Bali. Persisnya di Jalan By Pass Ngurah Rai no 88X, Kesiman, Denpasar Timur.

Yep…! masih di Denpasar Maaakkk… (xixixi heboh, saking exited-nyah ;P) artinya dekat banget dari pusat perkotaan kan? kan? kan?? tuh, buat yang tinggal di Kota Denpasar, gak usah ngabisin waktu berjam – jam dengan kemacetan di jalan menuju arah luar kota, demi untuk mencari sebingkai atau dua bingkai foto duduk2 dipinggir sawah, atau foto anak naik kuda dipinggir sawah, dll. Cukup dateng aja ke Desa Wisata Kertalangu ini. Gak jauh, gak macet, dan yang paling penting nih buat emak – emak beranak dua yang masih kecil2; edukasi alam dapet! murah iya! sungguh tempat bermain #eh (berwisata maksudnya) yang sangat menggiurkan (sambil ngelap air liur) 😀

Desa Budaya Kertalangu tepat berada di lahan seluas 80 hektar terdiri dari bangunan yang dikelilingi sawah-sawah dan kebun yang subur hijau alami, desa ini memiliki pesona alam yang tersembunyi dimana didalamya terdapat Tugu Perdamaian Dunia yang dikelilingi patung tokoh – tokoh dunia. Negara-negara independen yang mendukung perdamaian serta symbol-simbol agama dari 9 dunia. Desa Budaya Kertalangu dibuat atas dasar pemikiran bapak Suardhana Linggih pada tahun 2005, penduduk asli yang ingin turut berpartisipasi memajukan industri pariwisata di Bali dengan konsep Desa pertama di Bali yang didedikasikan untuk wadah sadar perdamaian, kebudayaan dan hidup berwawasan hijau bagi siapapun di dunia ini.

Banyak hal yang bisa anda sekeluarga lakukan saat berkunjung ke desa Budaya Kertalangu ini, karena tempat ini menyediakan berbagai fasilitas dan sarana pendukung seperti; jogging track, kolam pancing, industri dan kerajinan tangan, kegiatan outbound (menangkap belut, menanam padi, ATV, flying fox, paint ball, dll), naik kuda, pementasan seni dan budaya, pelatihan Spa, dll

– Jogging Track. Kamu bisa jogging atau sekedar trekking2 ringan sambil memandang sawah yang berada di kiri – kanan jalur ini. Panjang jalur ini sekitar 4 KM dengan lebar 2 M, cukup membuat segar mata dan tubuh bugar, menikmati sejuknya hamparan sawah yang hijau dan oksigen bersih yang keluar dari lebatnya pohon padi. Recommended banget untuk berjalan dijalur ini pada pagi atau sore hari, karena siang hari akan panas bingits!

– Ada kolam pancing juga, buat bapak – bapak bisa mancing disini sambil menunggu istri dan anak – anak trekking dijogging track, gak usah repot bawa alat pancing, karena disini ada penyewaan alat pancing. Ikan – ikan yang didapat bisa dibakar dan disantap dilokasi, tentunya dengan biaya tambahan.

– Berbagai hasil kerajinan lokal juga bisa kita temukan di desa Budaya Kertalangu. Seperti gelas, keramik, lilin, patung, produksi garmen, guci (gentong dari tanah liat) serta berbagai jenis batu dan kaca. Selain itu kita juga bisa melihat dari dekat proses pengerjaan beberapa kerajinan tersebut.

– Kegiatan outbound pun ada di Desa Budaya Kertalangu, seperti menangkap belut serta menanam padi. Pengunjung akan diajarkan cara menanam padi serta menangkap belut dengan cara-cara tradisional serta tata cara pengairan subak di Bali. Kegiatan ini dilakukan pada pagi hari dan harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.

– Pementasan seni dan budaya, disediakan panggung khusus untuk pementasan seni ini. Tarian yang dipentaskan seperti tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung. Para penari berasal dari warga setempat. Jadwal kegiatan ini sesuai pemesanan dan tergantung pengunjung yang ada, durasi setiap tarian sekitar 45 menit.

– Wisata Kuliner, anda ingin kuliner tradisional khas Bali maka desa Budaya Kertalangu tempatnya seperti sate lilit, pelecing kangkung berbagai jajanan khas Bali serta juga minuman. Harganya cukup murah dan terjangkau, sambil bersantai di gazebo menikmati acara bersantap dengan suguhan alam indah, menjadi pengalaman istimewa.

– Pelatihan Spa, dengan tenaga-tenaga terlatih, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman baru, diajarkan bagaimana cara membuat sabun dengan cara tradisional serta produk spa lainnya sesuai takaran.

– Anda ingin mengenal lebih dekat seluruh areal Desa Wisata Kertalangu tapi gak mau capek nguber – nguber anak – anak yang sibuk bereksplorasi sambil lari – larian nakal kesanah kemarih? Tidak perlu khawatir! Karena ada penyewaan kuda disana, anda dan anak – anak bisa naik kuda yang dituntun dengan instruktur berpengalaman yang akan mengajak anda berkeliling di kawasan Desa Budaya Kertalangu.

Duuhhh… banyak banget kegiatan serunyaaa… yuks maaakkk, cuzz ke lokasi!!

Tiket masuk 10K/org, untuk outbound akan dikenakan biaya tambahan di tempat permainan. Tempat parkir luas, beberapa bis, mobil dan motor bisa parkir disini.

Tentang penulis, YonaSP seorang istri dan ibu dari dua orang anak - anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan