Kebun Raya Bedugul

Posted on

Bingung mau ngajak anak – anak weekend-an kemana minggu ini? Gimana kalau ajak mereka piknik sambil edukasi di kebun raya Bedugul aja? Bagus lho tempatnya, luas dan sejuk sekali… anak – anak bisa puas bermain lari – larian diatas rumput hijau yg tumbuh subur dihalaman kebun raya. Selain itu bapak – ibu bisa gelar tikar sambil ngemil – ngemil cantik sambil lihat pemandangan indah disekeliling mereka.

Kebun raya Bedugul - pendopo
Kebun raya Bedugul – pendopo

Kebun Raya Eka Karya Bali atau biasa disebut Kebun Raya Bedugul ini berada di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Tepatnya sekitar 60KM dari pusat kota Denpasar & bisa ditempuh dalam jangka waktu kurang lebih 1 jam 30 menit menggunakan mobil pribadi.

Kebun raya Bedugul - patung Kumbakarna
Kebun raya Bedugul – patung Kumbakarna

Selain hamparan rumput hijau nan luas dan pepohonan tinggi berusia ratusan tahun, kamu juga bisa melihat koleksi tanaman mereka yg lumayan banyak dan variatif, yang di taruh di dalam taman – taman terpisah. Seperti taman anggrek, rumah kaca, kebun kaktus, taman air, taman begonia, taman mawar dan masih banyak lagi.

Kebun raya Bedugul - pohon raksasa
Kebun raya Bedugul – pohon raksasa

Buat yang suka aktifitas dengan adrenalin, di dalam kebun raya bedugul juga terdapat sarana rekreasi aktifitas ketinggian yang dikelola oleh Bali Treetop Adventure Park. Beragam kegiatan ketinggian mulai dari jembatan tali hingga flying fox bisa dilakukan disini, tentu saja harga aktifitas ini tidak termasuk di dalam tiket kebun raya alias bayar lagee… hehehe… yaiya lah… secara mereka adalah dua management yang berbeda gitu lho.

Parkiran luas, cukup untuk menampung bis, mobil & motor. Banyak terdapat pedagang – pedagang camilan termasuk buah strawberry (kalau sedang musim) yang merupakan produk andalan daerah Bedugul di sekitar areal parkir. Bagi anda yang belum membawa camilan bisa belanja dulu disini sebelum masuk ke dalam areal kebun raya.

Karena berada di ketinggian 1450 meter diatas permukaan laut, udara disana menjadi sangat sejuk. Suhu udara di sianh hari rata-rata 20°C sedangkan pada malam hari rata – rata 12°C. Cuaca disana agak sulit diprediksi, karena itu kalau kesana sebaiknya jangan lupa bawa payung, baju hangat, jas hujan dan sunblock. Karena biarpun udara sejuk & dingin, namun karena berada diketinggian, tentu saja sengatan matahari lebih terasa ditempat tinggi dibandingkan di tempat rendah.

Saran saya kalau kesini sebaiknya menggunakan mobil pribadi, karena motor & bis tidak diperkenankan masuk ke dalam areal kebun raya. Toilet bersih dan ada penjaganya, untuk anda yang beragama islam jangan khawatir, karena di dalam kebun raya juga terdapat mushola kecil untuk beribadah. Ada juga penginapan untuk yang ingin bermalam sambil menikmati suasana malam di dalam kebun raya.

Tiket masuk ke kebun raya 9k/orang. Sedangkan tiket masuk mobil ke dalam kebun raya 12k/mobil. Untuk tiket parkir kendaraan : 3k/motor, 6k/mobil & 12k/bus. Selain untuk piknik, kebun raya bedugul ini juga asyik untuk dipakai mengadakan acara arisan, ulang tahun, prewedding, lomba – lomba team building dan lain lain. Murah, meriah dan menyenangkan sekali bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, langsung packing persiapan untuk jalan – jalan ke kebun raya bedugul!

Tentang penulis, YonaSP

seorang istri dan ibu dari dua orang anak – anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan