Mangrove Information Centre

Posted on

kulari ke hutan kemudian menyanyiku…
kulari ke pantai kemudian teriakku…

Halah!! Lagi galau nih ceritanya? Mau lari ke hutan trus nyanyi – nyanyi gitu? Tapi pengennya hutannya yang dekat sama pantai, biar bisa teriak – teriak melepas stress juga gitu? Biar kayak pilem – pilem A2DC gitu? Emangnya di kota ada hutan? …ADA!!!!

Mangrove Information Centre - peta
Mangrove Information Centre – peta

Apa sih yg gak ada di Bali? Bahkan dikotapun ada hutan! Gak percaya? Datang deh ke MIC (Mangrove Information Centre) atau yang dikenal juga dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Lah? Apa hubungannyaaa…? …Ada dong!

Mangrove Information Centre - larangan
Mangrove Information Centre – larangan

Karena Mangrove Information Centre (MIC) atau Kawasan Wisata Pelestarian Hutan Bakau di Bali ini lokasinya berada di kawasan Suwung Kauh, Denpasar, Bali. Tepatnya di pinggir Jalan By Pass Ngurah Rai, sekitar 100 meter dari simpang Dewa Ruci. Untuk ke tempat ini kamu hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dari bandara Ngurah Rai.

Luas hutan ini mencapai 1373.5 Ha dan dilengkapi jembatan kayu sepanjang 2 Km untuk berjalan didalamnya. Pengadaan dan pengelolaan hutan mangrove ini merupakan kerja sama antara Menteri Kehutanan Republik Indonesia dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Hasil dari kerja sama ini maka didirikanlah pusat informasi mangrove atau Mangrove Information Center pada tahun 2001. Keberadaan hutan mangrove di Ngurah Rai pun baru diresmikan dua tahun kemudian.

Mangrove Information Centre - jalan kayu
Mangrove Information Centre – jalan kayu

Hutan mangrove atau hutan bakau ini sangat bermanfaat bagi ekosistem disekitarnya, seperti menjadi rumah yang nyaman bagi beberapa burung, kadal, kepiting, udang dan hewan – hewan langka yang lain. Namun fungsi yang paling penting bagi pulau kecil seperti Bali adalah hutan mangrove dapat mengurangi abrasi atau pengikisan tanah pinggir pantai, selain itu juga dapat mengurangi polusi udara di sekitar jalan by pass I Gusti Ngurah Rai.

Mangrove Information Centre - selfi
Mangrove Information Centre – selfi

Melihat potensi wisata pada hutan tersebut, maka pada tahun 2009 pemerintah setempat membuka hutan mangrove wanasari sebagai tempat wisata. Untuk memudahkan pengunjung agar tidak berjalan di rawa-rawa yang penuh lumpur, maka pemerintah setempat membangun jembatan kayu sepanjang 2 km untuk mengelilingi kawasan hutan. Dibutuhkan kurang lebih 1 jam untuk mengelilingi jembatan kayu ini.

Mangrove Information Centre - pos peristirahatan
Mangrove Information Centre – pos peristirahatan

Di beberapa titik disepanjang jembatan kayu kamu akan menemukan tempat untuk beristirahat sambil menikmati udara segar bebas polusi dan pemandangan hutan bakau yang masih alami. Ada juga tower di tengah hutan yang bisa kamu gunakan untuk melihat keindahan hutan mangrove dari ketinggian. Kalau kamu suka berjalan di jembatan kayu ini, teruskan sedikit lagi sampai ke ujung jembatan dan kamu akan disambut dengan pemandangan jalan tol dan birunya laut teluk benoa yang begitu mempesona.

Mangrove Information Centre - pos tower
Mangrove Information Centre – pos tower

Bagus banget kan? kan? kan? Jangan heran ya klo kamu kesini lihat banyak crew fotografer pada gerombolan sambil ngerubutin sepasang calon penganten buat malak! #eh?! Bukaaann…!! Ahahahaha.. Bukan malak, tapi bikin foto prewed xixixixi…

Mangrove Information Centre - view dari atas
Mangrove Information Centre – view dari atas

Kalau kamu mau kesini, saya sarankan untuk datang pada pagi atau sore hari pada saat matahari tidak begitu terik. MIC ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 18:00 WITA. Harga tiket masuk Rp. 10K/orang, untuk biaya parkir mobil sebesar Rp. 2K/mobil. Harga tiket masuk akan berbeda jika anda ingin melakukan foto pre-wedding disini. Untuk foto pre-wedding, akan dikenakan Rp. 300K untuk semua crew foto dan pasangan pengantin

Mangrove Information Centre - view jalan tol
Mangrove Information Centre – view jalan tol

Tuh kan… Ada hutan di Kota Denpasar! jadi jangan bingung lagi, besok – besok kalau lagi galau datang aja kesini, mau teriak, mau lari, terserah deh, asal jangan nyemplung aja kelaut ya… Apalagi buang sampah sembarangan. Inget kata nenek, orang keren tuh buang sampah di tempat sampah, bukan di laut!!

Mangrove Information Centre - toilet
Mangrove Information Centre – toilet

Tentang penulis, YonaSP

seorang istri dan ibu dari dua orang anak – anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan