Monumen Bajra Sandhi

Posted on

Jakarta punya Monas (Monumen Nasional) Bali punya monumen Bajra Sandhi! Emangnya Ada apa aja sih disini? Semenarik itu kah? Tuh kan mulai kepo, yuks disimak baik – baik info yang saya kasih dibawah ini ya:

Terletak di tengah – tengah kota Denpasar, tepatnya di tengah lapangan Niti Mandala Renon, dikelilingi oleh beberapa lapangan besar yang biasa dipakai untuk olahraga, bermain ataupun sekedar duduk – duduk melepas lelah oleh masyarakat sekitar.

Monumen Bajra Sandhi ini merupakan monumen perjuangan rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan yang telah gugur. Serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter.

Monumen ini dikenal dengan nama “Bajra Sandhi” karena bentuknya menyerupai bajra atau genta yang digunakan oleh para Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada saat upacara keagamaan.

Di dalam monumen, persisnya di lantai 2 kamu bisa lihat beberapa diaroma yang bisa membawa kamu kembali ke masa2 perjuangan rakyat Bali pada jaman penjajahan dulu. Sedangkan di lantai 3 alias di puncak monumen kamu bisa lihat pemandangan kota denpasar dari atas.

berikut photo yang dikumpulkan dari internet

Capek lihat diaroma? Kamu bisa turun ke ground floor atau lantai dasar, disana terdapat Interactive Art Museum alias I AM Bali, yang merupakan museum interaktif 3D. Selain menampilkan lukisan 3D, I AM Bali juga menampilkan Hobbit House, Flying Class, Spooky Room, Magical Board dan Spyder Gym. Sejumlah fasilitas pendukung juga disediakan disana seperti Gift Shop, Food & Beverage.

Produksi seni di museum tiga dimensi I AM Bali merupakan kolaborasi antara seniman asal Bali dan juga internasional lho.. keren kan? Jadi sambil mengunjungi monumen perjuangan kamu juga bisa mampir di museum I AM Bali ini.

Parkiran luas, toilet bersih dan ada di dalam monumen dan juga ada di lapangan sekitar monumen. Tuh kan asik… sekali dayung dua pulau terlewati.

Tentang penulis, YonaSP seorang istri dan ibu dari dua orang anak - anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan