Museum Geopark Batur

Posted on

Belajar tuh gak harus dengan cara buka buku melulu lho guys, dengan kita datang ke museum aja kita udah bisa dapet banyak ilmu. Apalagi kalau datangnya ke Museum Geopark Batur di Taman Wisata Alam Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Museum Geopark - lobi - sumber internet
Museum Geopark – lobi – sumber internet

Walaupun jaraknya sekitar 60 kilometer dari Denpasar, dan butuh waktu sekitar 1,5 jam menggunakan mobil pribadi. Tapi kamu gak bakal rugi banget deh datang kesini. Karena tempatnya yang berdekatan dengan Gunung Batur, jadi udara di sekitar museumpun sangat sejuk. Khas daerah pegunungan. Selain itu sepanjang jalan menuju museum, kamu bisa melihat dikejauhan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Bali. yup! Gunung Batur! View keren, udara sejuk, otak pun encer, tokcer, cer cer cer! ?

Museum Geopark Batur Kintamani - sumber internet
Museum Geopark Batur Kintamani – sumber internet

Cocok banget nih klo kesini ajak keluarga besar, mulai dari anak – anak, remaja, ibu – ibu, bapak – bapak, kakek – nenek. Karena memang tempatnya sangat family friendly, dan isinya dibuat semenarik mungkin, sehingga anak – anak sampai orang dewasa pasti betah berlama – lama disini.

Museum Geopark - salah satu bebatauan
Museum Geopark – salah satu bebatauan

Pada lantai 1 terdapat lobby utama dan ruangan Keragaman Geologi. Ditengah ruangan lobby utama, terdapat diorama (miniatur) dari Gunung api Batur dan Danau Batur dengan bentuk segi enam dengan ukuran 2,5 X 2 meter. Dari lobby utama kamu akan menemukan jejak kaki yang memang sengaja dicetak pada lantai untuk memudahkan pengunjung mengikuti rute perjalanan mulai dari pertama masuk museum sampai rute keluar dari sana.

Pada lantai 2 terdapat ruangan Keragamanan Hayati, Budaya, dan juga ruangan auditorium. Pada lantai 3, terdapat ruang pengamatan aktivitas Gunung api Batur.

Museum Geopark - belajar tentang dunia
Museum Geopark – belajar tentang dunia

Parkir mobil luas, bis bisa parkir. Toilet bersih dan tersedia di lantai 1. Saat masuk ke dalam museum tidak diperbolehkan membawa makanan dan tidak boleh menyentuh barang – barang yang dipajang disana. Dan ingat ya… Demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, jangan sampai buang sampah sembarangan di dalam atau diluar museum.

Jadi… Tunggu apalagi? Yuks, siapin keluarga kita untuk belajar bareng sambil refreshing ditempat asyik ini!

Tentang penulis, YonaSP

seorang istri dan ibu dari dua orang anak – anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan