Pantai Gunung Payung

Posted on

Di Bali Selatan tepatnya bersebelahan dengan pantai pandawa, tersebutlah sebuah pantai, yang walaupun tidak ada gunung dan tidak ada payung disana, pantai itu disebut Pantai Gunung Payung. wkwkwk… apaan sih ini? (Kyk lagi ceritain legenda aja)

Well, Pantai ini salah satu pantai keren yang pengunjungnya masih sedikit banget, yang antara mereka malas naik turun tangga yang jumlahnya sekitar 200an itu atau karena tempatnya yang panas karena untuk menuju kesana harus melewati bukit kapur yang sudah dikeruk untuk pembangunan (apapun yang akan mereka bangun nanti)… entahlah!

Pantai Gunung Payung culture park
Pantai Gunung Payung culture park

Tapi satu yang pasti, kalau kamu seorang traveler yang suka banget pantai, apalagi pantai yang masih alami dengan pemandangan keren, swimmable dan instagramable banget, this is it guys! Yeah… ini pantai masih alami lho. Saking alaminya, belum tersedia toilet umum dan tempat bilas air tawar di dekat pantai. Walaupun panas terik ketika kita berjalan diantara bukit kapur yang sedang dalam proses pembangunan, tapi begitu kita sampai di anak tangga paling atas, kita bisa lihat hamparan bukit hijau yang ditumbuhi banyak rumput ilalang yg cantik.

Pantai Gunung Payung padang ilalang
Pantai Gunung Payung padang ilalang

Biasanya penduduk lokal kesini untuk memancing, sedangkan wisatawan mancanegara kesini untuk sunbathing alias mandi matahari sambil baca – baca novel. Ada juga wisman yang kesini untuk sekedar berenang santai ataupun cari ombak untuk surfing. Kalau wisatawan dalam negeri sih kebanyakan cari spot untuk foto – foto, celup – celup kaki dikit di air laut, trus upload foto deh diinstagram (antara malas pulang lengket – lengket, atau cepek naik anak tangga yg banyak itu setelah berenang). Ahahahaha… itumah gue banget! ?

Pantai Gunung Payung tangga yg tinggi
Pantai Gunung Payung tangga yg tinggi

Aslinya nama pantai ini diambil dari nama Pura yang berada di kiri jalan menuju pantai. Namanya Pura Gunung Payung. Alamat persisnya berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Lokasinya tidak begitu jauh kok dari Pantai Pandawa, sekitar 4,5km atau 20 menitan saja. Kalau kamu berangkat dari pusat kota Denpasar menggunakan mobil, dapat ditempuh dengan kurang lebih 1 jam perjalanan.

Pantai Gunung Payung arah sunset
Pantai Gunung Payung arah sunset

Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat siang menjelang sore hari, karena pada saat sore matahari sudah tidak terlalu terik dan menjelang senja km bisa melihat pemandangan sunset (matahari terbenam) yang cantik sekali.. selain itu kamu juga bisa lihat wisatawan yang sedang melakukan aktifitas paragliding diudara.

Parkiran luas bisa masuk motor, mobil dan bus. Belum ada penjual makanan disana, jadi kalau kamu mau kesana jangan lupa makan dulu atau bawa camilan dan minumanmu sendiri, tapi ingat ya.. jangan membuang sampah sembarangan! Ini yang paling penting, bawalah sampahmu sendiri, jangan terbiasa membuang sampah sembarangan apalagi ditempat pariwisata yang masih alami dan belum ada banyak tempat sampah begini, karena bagaimanapun kalau alam kita rusak dan kotor nantinya kita juga yang rugi. Hasil foto jadi jelek, tempatnya jadi bau dan tidak sedap dipandang. Pokoknya gak banget deh! Ngerti ya guys? Cuma orang keren yang gak buang sampah sembarangan!

Pantai Gunung Payung
Pantai Gunung Payung

Tiket masuk per orang 2K, parkir motor 2K/motor dan 5K untuk parkir mobil.

Pantai Gunung Payung jalan ke pantai
Pantai Gunung Payung jalan ke pantai

Tentang penulis, YonaSP seorang istri dan ibu dari dua orang anak - anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan