Pantai Karang

Posted on

Dimana tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di Bali? Tentu saja jawabannya di Pantai Sanur. Tapi spot terbaik dari pantai sanur yang panjangnya lebih dari 5km ini adalah pantai yang jalan masuknya dari jl. Pantai Karang. Orang – orang biasa menyebutnya Pantai Karang.

Apa bedanya Pantai karang dengan pantai – pantai yang lain di Bali? Pantai karang ini Pantainya masih bersih, aman dan swimmable. Pantai ini juga dilindungi oleh terumbu sehingga airnya tidak sekuat dan sekeruh pantai lain. Rumput laut ada dimana-mana terutama menuju ujung selatan dekat Hyatt dan sekitarnya. Untuk alasan inilah tempat berenang yang terbaik adalah berenang dari Jl Pantai Karang ke arah utara.

Pantai Karang - penyewaan payung
Pantai Karang – penyewaan payung

Jangan takut dengan banyaknya rumput laut disana, karena rumput laut adalah pertanda pantai yang sehat, tetapi memakai kacamata renang sangat membantu penglihatan saat berenang. Saat terbaik untuk berenang adalah pada saat air pasang, karena pada saat surut air bisa sangat rendah sehingga kamu bisa berjalan ke arah gazebo kembar yang terletak persis di tengah pantai. Sebelum kesini untuk berenang sebaiknya kamu melakukan pengecekan pasang surut air laut di internet.

Pantai Karang - saat air surut
Pantai Karang – saat air surut

Pantai karang adalah tempat yang tepat untuk snorkeling, berenang santai ataupun sekedar duduk – duduk sambil melihat sunrise. Bawalah peralatan snorkelingmu saat bermain disini. Disini terdapat kano & kursi pantai yang bisa kamu sewa seharian penuh hanya dengan @20K untuk kano & @25K untuk kursi pantai. Pantai ini tidak pernah terlalu padat kecuali pada saat air pasang pada hari Minggu.

Pantai Karang - penyewaan kano
Pantai Karang – penyewaan kano

Lapar setelah berenang? Yuks kita makan lumpia. yups! Jajanan yang terkenal disini adalah lumpia yang dijajakan oleh ibu – ibu atau bapak – bapak penjual lumpia, cuma dengan 6K aja kamu sudah bisa menikmati seporsi lumpia yang disediakan menggunakan kertas nasi dan sebuah lidi untuk menusuk lumpia yang sudah dipotong – potong. Setelah kenyang kamu bisa membilas badanmu di pancuran air tawar yang tersedia disana, cukup membayar 2K aja kamu bisa mandi – mandi cantik dulu deh sebelum pulang.

Pantai Karang - dagang lumpia keliing
Pantai Karang – dagang lumpia keliing

Dipantai ini trotoar terjaga dengan baik (tidak ada kendaraan bermotor yang diperbolehkan jalan di trotoar) dan letaknya sejajar dengan pantai. Pedagang kaki lima hanya ada di dekat tempat parkir, tidak terlalu banyak sehingga liburan dapat dilalukan dengan nyaman.

Pantai Karang - kelas yoga
Pantai Karang – kelas yoga

Tempat parkir motor & mobil luas, toilet dan pancuran ada. Tidak ada tiket masuk ketempat ini, kamu hanya dikenakan biaya untuk parkir 2K/motor & 4K/mobil. Penggunaan toilet atau pancuran 2K/org.

Saat terbaik datang ke pantai karang ini adalah pada pagi hari menjelang matahari terbit. Karena pemandangan sunrisenya dijamin keren abis. Jadi tunggu apalagi? Yuks ajak anak – anak, emak/babeh, istri/suami, keponakan, tetangga atau pacarnya bareng – bareng menikmati sunset terus berenang disini deh. ?

Tentang penulis, YonaSP seorang istri dan ibu dari dua orang anak - anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan