Pura Taman Ayun

Posted on

Hari sabtu nih.. Banyak banget kerjaan dirumah, belom cuci piring, belom cuci baju, belom masak nasi, mandiin anak, nyetrika baju, bantuin anak bikin PR, ngisi botol air ke kulkas, servis motor, servis mobil, nyapu, ngepel, ya ampoooonnn… Ribet banget sih hidup lo? Nyantai aja kalee.. Makanya klo kerja tuh dicicil, biar biar gak rempong… halah.. curhat pulak! dasar mamak – mamak… ribet! ?

Refreshing lah dulu mak, cobain deh berwisata ke Pura Taman Ayun, gak begitu jauh kok dari Denpasar. Lokasinya ada di Jalan Ayodya, Desa Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Tidak sampai 20 kilometer atau sekitar 30 sampai 45 menitan berkendara naik mobil pribadi aja udah sampai lho. Tempatnya juga family friendly banget kok, bisa deh tuh bawa satu pasukan dirumah untuk jalan – jalan sambil belajar tentang budayanya orang Bali.

Pura Taman Ayun - barong dari hasil bumi
Pura Taman Ayun – barong dari hasil bumi

Nanti sampai di lokasi kita akan disambut dengan jalan masuk berupa gapura besar dan ada tukang parkir yang akan mengarahkan kita untuk parkir di depan halaman pura (untuk mobil pribadi) sedangkan untuk bis bisa parkir di luar gapura.

Sampai di depan pura kita bisa lihat bahwa untuk menuju ke halaman dalam pura, kita akan berjalan melewati jembatan yang memang dibuat untuk menyebrangi danau buatan yang mengelilingi wilayah pura taman ayun. Sampai di ujung jembatan kita akan menemukan loket penjualan karcis masuk. Dengan membayar Rp. 10K/orang saja untuk wisatawan domestik, kita sudah bisa menikmati pemandangan di dalam halaman pura Taman Ayun. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp 20K/Orang, Parkir Mobil Rp 5K/Mobil. Parkir Motor Rp 2K/Motor.

Sesuai dengan namanya, “Taman Ayun” dalam bahasa Bali, yang berarti “taman yang cantik”. Taman di halaman pura ini memang cantik sekali lho.. Di sebelah kiri ada kolam kecil di halaman berumput hijau yang luas sekali, yang dipenuhi dengan bunga teratai yang cantik. Cocok untuk tempat berwefie ria atau sekedar memanjakan mata kita dengan yang hijau – hijau.

Pura Taman Ayun - taman depan pura
Pura Taman Ayun – taman depan pura

Sedangkan di sebelah kanan jalan kamu akan menemukan jalan kecil menuju ke “wantilan” dalam bahasa Bali yang artinya balai serbaguna, biasanya masyarakat sekitar menggunakan tempat ini untuk melakukan “tajen” dalam bahasa bali yang berarti sabungan ayam.

Nah kalau kamu lurus terus dari loket tiket menuju ke arah pura.. Kamu akan menemukan tangga kecil di depan gapura yang menuju ke halaman yang sedikit lebih tinggi dari halaman sebelumnya. Disini ada pos “tiket checking” dengan 2 orang penjaga yang bertugas untuk mengecek status wisatawan, apakah mereka sudah membeli tiket atau belum.

Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun

Nah yang terakhir ada pintu gerbang menuju pura utama. Untuk gerbang yang satu ini, hanya akan dibuka pada saat berlangsungnya upacara agama. Sedangkan untuk para wisatawan yang ingin melihat bagian dalam pura utama, bisa berjalan melalui jalan dipinggir pura utama yang memang disediakan untuk wisatawan melihat – lihat bagian dalam pura dari balik tembok pembatas.

Pura Taman Ayun - pura
Pura Taman Ayun – pura

Dibelakang bangunan pura utama kita bisa melihat rimbunnya pepohonan yang dipisahkan oleh jalan setapak yang memang sengaja di buat dari semen untuk memudahkan wisatawan jalan – jalan disekitar pura, ditambah ada bale bengong tempat pengunjung beristirahat setelah capek berkeliling areal pura.

Pura Taman Ayun - taman belakang pura
Pura Taman Ayun – taman belakang pura

Lihat deh foto – fotonya, cantik kan? Gak rugi deh main kesini, tempatnya cantik, toilet bersih, dan yang paling penting adalah banyaknya tempat sampah yang memang disediakan oleh pemerintah dengan aturan pemisahan sampah yang jelas! Seperti sampah organik, sampah anorganik dan kaca – kaca terpisah sesuai tulisan yang ada pada 3 deret tong sampah tersebut. Ingat ya guys, cuma orang keren yang buang sampah pada tempatnya! ☺️

Pura Taman Ayun - pemisahan sampah
Pura Taman Ayun – pemisahan sampah

Tentang penulis, YonaSP

seorang istri dan ibu dari dua orang anak – anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan