Pura Tanah Lot

Posted on

Jangan bilang pernah ke Bali kalau belum pernah mengunjungi objek wisata Pura Tanah Lot. Disana ada dua buah pura, salah satu puranya memiliki keunikan tersendiri, yaitu terletak diatas batu karang yang menjulang tinggi ditengah pantai.

Peziarah dapat berjalan menuju pura tersebut hanya pada saat air laut surut. Karena pada saat air laut pasang, tidak ada yang dapat berjalan menuju areal pura. Namun pemandangannya menjadi sangat cantik pada saat pasang, karena pura tesebut jadi terlihat seperti berada di tengah laut.

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot – sumber internet

Sedangkan pura yang satunya lagi berada diatas tebing yang menjorok ke laut. Dibawah tebing tersebut terdapat lubang terpaan air laut, sehingga tebingnya terlihat seperti jembatan kalau dilihat dari jauh.

Tanah Lot - batu bolong sunset
Tanah Lot – batu bolong sunset – sumber internet

Pura Tanah Lot ini terletak 30 Km di sisi barat Kota Denpasar dan sekitar 11 Km di sebelah selatan kota Tabanan. Dari Denpasar tempat ini dapat ditempuh dalam jangka waktu kurang lebih 45 menit.

Tanah Lot - gapura
Tanah Lot – gapura – sumber internet

Tempat parkir luas, toilet bersih dan sepanjang jalan dari tempat parkir menuju pura banyak penjual kerajinan tangan khas Bali berderetan dipinggir – pinggir jalan. Termasuk juga makanan khas Tanah Lot, klepon.

Photo-photo berikut diambil dari berbagai sumber di internet

Objek wisata ini sangat pas dikunjungi pada sore hari menjelang matahari terbenam, pemandangan sunset dari Tanah Lot ini terlihat sangat menakjubkan.

Tentang penulis, YonaSP

seorang istri dan ibu dari dua orang anak – anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan