Taman Kota Denpasar

Posted on

Denpasar adalah Ibu Kotanya Bali. Tidak kalah dengan kota – kota besar lainnya, di Bali juga terdapat beberapa fasilitas umum yg memadai untuk masyarakat umum sekedar melepas penat, mengajak anak bermain ataupun sekedar berolah raga ringan. Salah satu fasilitas umum yang lumayan terkenal di Denpasar Utara adalah Taman Kota Denpasar, atau yang lebih dikenal dengan Taman Kota Lumintang.

Taman Kota Denpasar
Taman Kota Denpasar

Walaupun tidak sebesar Lapangan Niti Mandala Renon, namun fasilitas umum disini lumayan lengkap lho, ada apa aja sih? nih ya saya kasih tahu, di pojok barat lautnya Taman Kota Lumintang tersedia alat fitnes yang bisa kamu pakai dengan cuma – cuma. Tidak hanya satu alat, akan tapi tersedia 6 alat berbeda untuk kamu melatih kekuatan otot – ototmu pada bagian tubuh yang berbeda.

Ada juga wahana bermain anak – anak di sebelah tenggara Taman Kota, wahana permainan yang tersedia pun bermacam – macam, seperti ayunan, jungkat – jungkit, perosotan, lorong tikus, dan lain – lain. Namanya juga tempat bermain anak, maka wahana permainan yang disediakan juga yang berkapasitas anak – anak, jadi kalau kamu orang dewasa sehat dan waras, sebaiknya jangan mengunakan wahana ini. Selain malu, daya tahan wahana juga sangat berpengaruh dengan beban berat yang diterima setiap harinya, kalau beban berat terus menerus diterima wahana, maka kemungkinan wahana tersebut rusak lebih besar dibandingkan dipakai oleh anak kecil.

Berjalan sedikit ke barat dari tempat bermain anak – anak dan anda akan melihat sangkar burung besar berisi puluhan burung merpati disana. Pada awalnya sangkar burung ini digembok dan tidak ada lubang untuk burung keluar masuk, kecuali penjaga yang setiap hari mengisi air dan memberi makan mereka. Namun setelah tiga bulan burung ini baru dilepas dari sangkar dan dibiarkan bebas di Taman Kota Denpasar. Tujuannya agar burung merpati ini menyesuaikan diri dengan Taman Kota ini, sehingga nantinya mereka akan terbang di sekitaran taman kota secara bebas, seperti di luar negeri. Dan sekarang sangkar besar itu sudah memiliki lubang untuk burung – burung tersebut keluar – masuk, dan banyak burung yang sudah berkeliaran di luar sarang, walaupun jumlahnya belum sebanyak di luar negeri.

Taman Kota Denpasar - rumah burung dara
Taman Kota Denpasar – rumah burung dara

Di Taman Kota Denpasar (Lumintang) ini juga terdapat Taman Edukasi lho… Kalau kamu berjalan ke arah selatan dari arah taman burung, kamu akan menemukan tempat seperti bale bengong yang didalamnya terdapat kursi – kursi kecil dan meja. Tempat ini disebut Taman Edukasi karena tersedia akses Wifi dengan Kecepatan Hingga 100 Mbps disana. Untuk mengakses wifi di Taman Edukasi ini, masyarakat bisa melihat petunjuk yang tersedia di sekitar kawasan wifi tersebut. Cukup dengan 2K masyarakat bisa mengakses internet selama dua jam dan bisa juga melalui voucher seharga 5K sehari penuh dengan kecepatan tinggi.

di seberang selatan taman kota juga terdapat skate park untuk anak anak bermain skateboard dengan bebas dan taman lalu lintas berupa miniatur rambu – rambu lalu lintas yang berfungsi untuk kita dan anak – anak belajar tentang rambu – rambu lalu lintas dijalan raya.

Daaannn…. hiburan utama yang paling ditunggu – tunggu oleh masyarakat Denpasar di lapangan ini adalah… air mancur menari yang terletak di tengah – tengah Taman Kota Lumintang! Air mancur ini biasanya akan dihidupkan pada sore menjelang malam hari mulai jam 19:00 sampai jam 21:00 WITA hanya pada hari sabtu dan minggu saja. Yups! disebut air mancur menari karena air mancur ini memang dibuat bisa bergerak – gerak dan berwarna warni dan terkadang dijadikan proyektor oleh petugas penjaganya sehingga kita bisa melihat gambar orang menari diiringi musik – musik yang memang sengaja dihidupkan melalui loud speaker taman.

Taman Kota Denpasar - pertunjukan air mancur
Taman Kota Denpasar – pertunjukan air mancur

Tersedia toilet umum disini walaupun kondisinya kurang bersih. Penjual makanan pun ada di pojok timur lapangan, persis di samping Pura di pinggir sungai. Tersedia juga parkiran yang luas, cukup untuk parkir mobil pribadi dan motor. Umumnya Taman ini dipenuhi masyarakat pada pagi dan sore hari, terutama pada hari sabtu, minggu dan hari – hari libur nasional. Pada malam hari, setiap area taman dilengkapi penerangan yang sangat memadai sehingga kegiatan olahraga dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Jadi Tunggu apalagi? yuk kita berwisata ke Taman Kota Lumintang.

Tentang penulis, YonaSP

seorang istri dan ibu dari dua orang anak – anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan