Taman Ujung

Posted on

Ada yang pernah ke daerah Karangasem – Bali belum? Kalau belum kalian wajib coba jalan – jalan kesana deh. Ada nih satu tempat keren, yang kalau kita kesana berasa kita hidup di jamannya Raja Karangasem masih hidup. Nama tempatnya Taman Ujung atau Taman Sukasada, sebuah taman di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Bali.

Taman Ujung - view istana
Taman Ujung – view istana

Pada masa Hindia Belanda tempat ini dinamakan dengan WaterPaleis yang artinya adalah “Istana Air”. Disebut istana air, karena terdapat beberapa Kolam Air yang indah didalamnya. Taman ini sebenarnya adalah milik pribadi keluarga Puri Karangasem. Namun pengunjung umum diperbolehkan mengunjunginya. Tempatnya sangat tenang dan jauh dari keramaian kota Karangasem. Didalam taman ujung ini terdapat 3 kolam, satu kolam di bagian selatan dan dua kolam dibagian utara.

Taman Ujung - view kolam
Taman Ujung – view kolam

Di kolam sebelah utara terdapat sebuah bangunan di atas kolam yang merupakan tempat peristirahatan Raja Karangasem dimasa lalu, bangunan ini dihubungkan dengan sebuah jembatan yang bentuknya sangat unik seperti kastil pada abad pertengahan, namun terdapat unsur khas Bali dan Cinanya. Oleh masyarakat, bangunan ini disebut sebagai “Istana Gantung” karena memang bangunan ini terlihat seperti menggantung.

Sedangkan pada kolam di bagian selatan, terdapat bangunan di tengah – tengah kolam yang disebut dengan “Bale Bengong”. Bangunan ini tidak memiliki tembok, hanya ada tiang beton untuk menopang atap dari bangunan ini. Dahulu bangunan ini diperuntukan untuk menjamu tamu-tamu kehormatan di kerajaan karangasem.

Taman Ujung - jembatan istana - sumber internet
Taman Ujung – jembatan istana – sumber internet

Dibangun atas prakarsa raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik, yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1909. Arsiteknya seorang Belanda bernama Van Den Hentz dan seorang Cina bernama Loto Ang. Pembangunan ini juga melibatkan seorang undagi (arsitek adat Bali). Kebayang dong gimana jadi bangunannya… perpaduan bangunan eropa, cina namun tetap ada sentuhan artistik khas Balinya.

Kalau kamu berjalan melewati kolam, kamu akan melihat tangga menuju ke atas. Ikuti tangga naik tersebut dan kamu akan menemukan pilar – pilar tinggi yang bergaya eropa namun tanpa atap dan dinding. Disini biasanya menjadi tempat favorit calon pengantin untuk melakukan sesi pemotretan prewedding mereka. Dari atas sini juga kamu dapat melihat pemandangan yang indah di sekeliling taman ujung. Di sebelah barat kamu dapat melihat gunung agung yang menjulang tinggi. Di sebelah timur ada pemandangan laut yang dulunya digunakan sebagai dermaga tempat kapal – kapal dari luar bali bersandar. Dan di sebelah utara anda dapat menyaksikan hamparan sawah yang luas menghijau.

Taman Ujung - tempat photo prewed - sumber internet
Taman Ujung – tempat photo prewed – sumber internet

Saat kesana jangan lupa membawa topi atau payung dan sunblock, karena tempatnya yang tidak jauh dengan pantai dan agak terbuka jadi udara disiang hari bisa sangat panas. Toilet tersedia disana dan tempat parkir pengunjung pun luas, bisa masuk bis, mobil & motor.

Tentang penulis, YonaSP seorang istri dan ibu dari dua orang anak - anak yang cantik yang hobi menulis dan jalan-jalan