Add New – Membuat Blog dengan Artikel Editor

Untuk memudahkan dalam membuat artikel, WP dilengkapi artikel editor yg sangat powerfull. Gutenberg editor memiliki konsep blok dalam blok, artinya jika diandaikan artikel adalah sebuah blok (bukan blog) atau kotak, maka setiap paragrap didalamnya juga merupakan blok, termasuk juga setiap gambar dalam artikel adalah blok. Dengan kata lain, sebuah artikel adalah kumpulan blok.

WP - Add New Post
WP – Add New Post

Daerah yg ditandai kotak merah diatas adalah tempat konten editor untuk membuat dan merangkai artikelnya. Add title dalam artikel editor jelas terlihat memiliki kotak tipis sebagai pembatas blok judul artikel. Dan dibawahnya Start writing or… adalah blok paragrap yg akan memiliki kotak seperti halnya blok judul bila diklik.

WP - Add New Post - block list
WP – Add New Post – block list

Di pojok kiri atas terlihat tanda tambah dan juga kontrol undo – redo untuk membantu pengeditan artikel. Tanda tambah bisa diklik akan menampilkan pilihan blok yg bisa dimasukkan dalam sebuah artikel.

WP - Add New Post - add block
WP – Add New Post – add block

Sisi sebelah kanan adalah panel inspektor dan diatasnya terletak tombol publish untuk menyimpan artikel. Panel inspektor berisi informasi dari blok yg sedang di focus, termasuk setingan blok, misal set warna tulisan, set link pada gambar dsb. Gambar di atas menunjukkan informasi artikel karena tidak ada blok yg sedang di focus atau diklik.

WP - Add New Post - confirm save
WP – Add New Post – confirm save

Jika pre-publish dicentang, saat menyimpan artikel, akan tampil panel konfirmasi untuk mengeccek apakah artikel yg dibuat sudah layak/benar untuk disimpan. Konfirmasi yg perlu di cek antara lain; visibility – apakah untuk umum atau untuk member, publish – apakah langsung tayang, simpan draf, atau di agendakan.

Selain itu juga ada saran untuk menambahkan tag jika belum diisi tag.

Jika semua sudah sesuai, tinggal tekan tombol Publish di pojok atas kanan dan artikel akan tersimpan dan siap tayang online.